MEDIA : DULU DAN SEKARANG

18.43 Unknown 0 Comments



17 Agustus 1945, tanggal yang sangat berharga bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada tanggal itu presiden pertama Indonesia, Bapak Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 54. Selain diproklamirkan di depan umum, teks proklamasi juga disiarkan lewat radio dan beberapa surat kabar di kota-kota besar Indonesia.  
Awalnya media yang paling sering digunakan di Indonesia adalah media cetak dan media elektronik, itupun hanya lewat radio saja, karena televisi belum terlalu terkenal dan hanya kalangan menengah ke atas saja yang memilikinya. Akhirnya pada akhir abad 19, televisi mulai di gemari oleh banyak orang, karena memiliki acara-acara yang lebih menarik dan penyampaian informasi yang lebih atraktif.
Pada tahun 1990-an internet mulai masuk ke indonesia dan berkembang pesat pada awal abad 20. Dengan tersedianya internet maka perkembangan media di Indonesia juga mulai melaju dengan pesat dan seluruh informasi yang bersifatnya global dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Seiring berjalannya waktu yang awalnya fungsi media memang menjadi sarana berbagi informasi agar masyarakat luas mengetahui hal apa yang terjadi di wilayah sekitarnya. Namun, setelah berkembangnya media yang begitu cepat fungsi media pun menjadi bertambah. Mulai dari digunakannya sebagai promosi bisnis sampai digunkannya sebagai sarana berkirim pesan.
  Dengan bertambahnya fungsi dari media itu sendiri, ada saja beberapa orang yang menyalahgunakan fungsi tersebut. Seperti di media sosial segelintir orang menggunakannya sebagai tempat untuk prostisusi online, penculikan, penipuan, perdagangan manusia, bahkan sampai perdagangan bayi pun ada. Selain itu juga, terkadang media juga menyampaikan beberapa informasi yang belum jelas faktanya. Sehingga masyarakat yang menerima informasi dibuat kebingungan dengan adanya berita yang simpang siur itu. Seharusnya informasi yang disampaikan di media adalah informasi yang sudah jelas faktanya.

Terlepas dari itu semua, masyarakat selaku pengguna media seharusnya menggunakan media dengan fungsi yang sebenarnya yaitu menjadi sarana agar mendapatkan informasi yang berguna bukan malah menjadi ajang tempat mempermudah kegiatan haram. 

You Might Also Like

0 komentar: