Menjadi Jurnalistik yang Baik, melalui Film State of Play

01.54 Unknown 0 Comments



ALERT SPOILER!!!
Review
                State of Play film bergenre misteri dan drama yang di sutradarai oleh Kevin Macdonald. Film ini bercerita tentang seorang wartawan yang bernama Cal McAffrey (Russell Crowe) yang ingin memecahkan kasus kematian seorang assisten anggota kongres yang bernama Sonia Baker (Maria Thayer) dan merupakan staff dari Stephen Collins (Ben Affleck). Dalam memecahkan kasus tersebut Cal McAffrey dibantu oleh seorang wanita penulis artikel blogger yang cerdas yaitu Dilla Frye (Rachel McAdams). Cal sangatlah antusias dalam memecahkan kasus kematian itu dikarenakan Sonia Baker adalah teman Stephen Collins, selain itu juga Cal merasa sangat bersalah karena pernah menjalin hubungan dengan Anne Collins (Robin Wright) istri Stephen Collins. Dalam pemecahan kasus itu Cal mengalami keadaan yang rumit dimana ia dipaksa pimpinan redaktur untuk selalu segera mempublikasikan berita walaupun berita tersebut tidak benar, tetapi Cal tetap kepada pendiriannya yang tidak mau menulis berita palsu tentang kasus tersebut. Selain itu dalam penyelidikkan memecahkan kasus kematian Sonia Baker, Cal mengalami kejadian yang cukup berbahaya yang dapat mengancam nyawanya. Tetapi akhirnya Cal dan Dilla menemukan bukti – bukti yang mengarah kepada seseorang yang Cal sangat kenal, yaitu temannya sendiri Stephen Collins. Walaupun Cal awalnya tak menyangka, pada akhirnya dia tetap berpegang teguh pada prinsip jurnalistik yang dia punya dan mengangkatnya dalam sebuah berita cetak yang dia buat di Washington Globe.

Analisis 9 Elemen Jurnalistik dalam film State of Play

Jurnalisme harus mencari kebenaran
Dalam film Sate of Play, Cal McAffrey yang tetap pada kegigihannya yang ingin memecahkan kasus kematian Sonia Baker, walaupun ia dalam keadaan terdesak dipaksa untuk segera menerbitkan berita palsu karena surat kabar tempat Cal bekerja kalah dalam persaingan yang dikarenakan surat kabar lain telah gencar menerbitkan berita palsu demi kepentingan komersial. Cal tidak peduli karena Cal percaya dapat memecahkan kasus kematian Sonia Baker dan akan menerbitkan berita yang sesungguhnya.

Komitmen wartawan kepada masyarakat dan kepentingan publik
Dalam hal ini wartawan harus lebih mementingkan kepentingan publik karena tujuan menciptakan sebuat berita adalah untuk memberikan kejelasan bagi pembacanya. Dalam film ini, Cal sebagai salah satu wartawan yang mendapat tekanan dari berbagai pihak demi kepentingan beberapa orang penting yang terdapat dalam kongres itu, Cal tetap percaya bahwa publik tidak boleh menjadi korban pencitraan dari beberapa orang penting tersebut.

Jurnalis disiplin menjalankan verifikasi
Sebagai seorang jurnalis harus benar – benar mengkaji bahwa berita yang akan dibuatnya itu benar sesuai fakta tidak mengada – ada. Dalam film State of Play tercerminkan pada Cal McAffrey perlahan – lahan dengan telitinya memecahkan kasus kematian Sonia Baker. Selain itu Cal juga memverifikasi menguak kebenaran dengan menyelidiki bukti yang didapat langsung baik itu melalui wawancara kenalan Sonia maupun barang yang mengarah kepada kasus tersebut.

Independent terhadap sumber berita
Jurnalis harus mengesampingkan hal pribadi didalam pencarian sumber berita. Dalam elemen ini tercermin pada saat Cal akhirnya memuat berita tentang Collins sahabatnya sendiri adalah dalang dibalik kasus kematian Sonia. Cal tetap merilis sebuah berita kebenaran walaupun tersangkanya adalah sahabatnya sendiri.

Jurnalis harus menjadi pemantau kekuasaan
Seorang jurnalis tidak boleh takut atau memihak seseorang yang memegang kekuasaan. Akan tetapi harus mengedapankan aspirasi masyarakat. Dalam film itu tertuju pada Stephen yang pintar dalam menyiasati untuk menutupi kejelekannya. Tetapi Cal tetap tidak mudah percaya dan melanjutkan penyelidikkannya.

Jurnalis menyediakan forum bagi masyarakat
Jurnalis dalam mencari sebuah berita juga membutuhkan pendapat dari masyarakat dan tidak melihat siapa sumber informasi untuk menguak kebenaran. Jika informasi itu bisa membuat berita menjadi absah, maka informasi itu sangatlah penting. Pada film tersebut yaitu ketika Cal McAffrey mudah saat mempercayai dan menerima informasi dari seorang perempuan anak jalanan. Cal percaya dan akhirnya melanjutkan penyelidikannya.

Jurnalis harus berusaha keras membuat hal penting menjadi menarik dan relevan
Jurnalis haruslah memberikan berita yang menarik dan relevan itu memang sudah kewajiban untuk seorang jurnalis. Di film State of Play terjadi ketika pada akhirnya Cal menulis di headline Washington Globe tertangkapnya seorang anggota kongres yaitu sahabatnya sendiri. Cal menulis dengan judul besar yang cukup membuat orang menjadi tertarik untuk membacanya.

Jurnalis menjaga  agar berita proporsional
Jurnalis dalam memuat berita harus juga mengedepankan porsi dan kebenaranya agar berita yang diterbitkannya tidak membuat pembaca beropini lain. Dalam film itu tercermin ketika Cal McAffrey tetap menyelidiki kematian Sonia sesuai dengan bukti – bukti dan informasi yang faktual.

Jurnalis mengutamakan hati nurani
Di elemen jurnalistik yang terakhir ini yaitu jurnalis masih mengedepankan hati nuraninya dalam pekerjaannya. Meliput dan memuat berita yang benar adalah sifat yang harus ada dalam seorang jurnalis. Di film State of Play ketika Cal tidak mau menulis berita yang tidak benar, seperti skandal antara Stephen Collins dan Sonia Baker walaupun dirinya kemungkinan dapat dipecat dalam pekerjaannya karena perusahaannya kalah saing dengan perusahaan surat kabar lain. Hal ini menunjukkan bahwa seorang wartawan tidak perlu takut dengan tim penyunting atau gatekepper yang memiliki urusan pribadi saat menyunting sebuah berita. Selama berita yang dihasilkan oleh wartawan merupakan berita yang sesuai dengan kenyataannya, berita itu harus tetap dipertahankan keasliannya.


You Might Also Like

0 komentar: